Mengatasi Error Pada Saat Pertama Kali Menggunakan Groovy

Sangat menjengkelkan saat pertama kali menginstal Groovy ternyata Groovy Console tidak bisa dijalankan. Ceritanya begini, saya sudah download file instalasi Groovy di website resminya di http://groovy.codehaus.org/Download lalu saya instal.

setelah itu sudah setting path untuk Groovy tapi masih saja muncul error saat saya tes dengan mengetikkan groovy -version  di CMD yang muncul adalah error seperti ini :

error: could not find client or server jvm under C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_
18\bin
       please check that it is a valid jdk / jre containing the desired type of
jvm

setelah mencari solusi di internet akhirnya ketemu juga, ternyata file groovy.exe yang ada didalam folder instalasinya di C:\Program Files\Groovy\Groovy-1.8.6\bin harus dihapus atau di rename menjadi nama lain. lihat gambar berikut ini.

dengan demikian setelah di rename masalah pertama pun selesai.
Nah, Berikutnya ternyata masih muncul masalah lagi saat saya ketikkan perintah groovy -version. pesan errornya sebagai berikut:
ERROR: No java.exe found at: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_18\bin\bin\java.exe
Please set the JAVA_HOME variable in your environment
to match the location of your Java installation.


Setelah mencari beberapa referensi di internet, ternyata solusinya seperti ini.
  1. klik kanan di My Computer --> Properties.
  2. klik tab Advance --> Environment Variables.

  3. pada bagian user variables pastikan ada variable JAVA_HOME dan valuenya adalah folder tempat instalasi java, contohnya milik saya: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_18. kalau belum ada tinggal tambah dengan tombol New.
  4. pada bagian System Variables pastikan ada variable GROOVY_HOME dan valuenya adalah folder tempat instalasi Groovy. Edit variable PATH dan pastikan ada value yang mengarah ke folder java dan Groovy. contohnya milik saya : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_18\bin;%GROOVY_HOME%\bin pisahkan tiap path dengan titik koma (;)
Setelah langkah-langkah diatas Groovy di CMD dan GroovyConsole milik saya dapat berjalan dengan baik.
demikian cerita saya tentang pengalaman pertama menginstal Groovy. Semoga bermanfaat, saya tunggu kritik dan sarannya. Salam Blogger Madura ^_^

BAGIKAN KE:

    Komentar

0 komentar:

Posting Komentar