Minggu, 24 Oktober 2010

Cara Menghapus (Uninstall) Program di Linux Ubuntu

Kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana caranya menghapus (uninstall) program di ubuntu. Alasan saya menulis artikel ini adalah karena dulu waktu saya baru menggunakan Ubuntu saya sangat bingung menghapus program aplikasinya. Semoga tutorial ini dapat membantu temen-temen pemula pencinta Linux Ubuntu dan Open source. Ada 2 cara yang saya tahu untuk menghapus program di Ubuntu, pertama lewat terminal dan kedua lewat Ubuntu Software Center. Langsung saja saya jelaskan satu-persatu.

1. Menghapus Program Lewat Terminal. 
Untuk menghapus program lewat terminal, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka terminal, caranya klik Aplications --> Accesories --> Terminal.
2. Ketik: sudo apt-get remove ., misalnya saya ingin menghapus aplikasi Picasa, maka ketik: sudo apt-get remove picasa, lalu tekan Enter dan masukkan passwrod Anda dan tekan Enter lagi. Jika muncul pertanyaan "do you want to continue" tekan huruf Y lalu enter lagi.
3. Tunggu sampai proses selesai. Jika selesai silahkan di cek apakah program masih ada?

2. Menghapus program lewat Ubuntu Software Center. 
Cara berikut relatif lebih gampang daripada menggunakan terminal. ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Buka Ubuntu Software Center, caranya klik Applications --> Ubuntu Software Center.
2. Klik "Installed Software" lalu cari file yang akan dihapus, misalnya saya akan menghapus Picasa. Jika Anda kesulitan mencari aplikasi yang akan dihapus, ketik saja nama aplikasinya di kotak pencarian.
3. Jika Sudah ketemu, klik Remove di sebelah kanan.
4. Setelah itu masukkan password Anda.
5. Aplikasi Anda akan diproses untuk dihapus. Tunggu sampai proses selesai.
Sekian tutorial ini,semoga bermanfaat. Saya tunggu kritik dan saran dari temen-temen.

37 komentar:

Blogger Madoera mengatakan...

Mau ngritik apa ya? Lha wong masih abhek obhek ben XP... hi hi hi...
Salam kenal dari Blogger Pamekasan

mifta mengatakan...

Membudayakan komentar setelah membaca...hehe..

thanks ilmunya kang..ane masih newbie di ubuntu,baru nginstall tepatnya..haha

arnold mengatakan...

mantap bro...kl ada ilmu ga bs copi file di ubuntu ajarin yah

Anonim mengatakan...

apa ada cara lainnya selain 2 yang diatas tuh??

hesa mengatakan...

thank's buat postingannya.....

Yuda Ermawan mengatakan...

Makasi, saya baru 2 hari blajar ubuntu :)

Anonim mengatakan...

Thanks

ridho mengatakan...

makasih y..

masih newbie neh..

Anonim mengatakan...

numpang nanya gan, bagaiamana cara menghapus avira dari ubuntu??

Anonim mengatakan...

makasih gan infonya
moga2 masalah ku selesai

Anonim mengatakan...

thx gan,,

Anonim mengatakan...

thanks gan, emang lagi nyari nigh, jd pinter nih, hehe

endar mengatakan...

Terima kasih.. Langsung praktek

Anonim mengatakan...

terimakasih infonya :)

Kade mengatakan...

thx gan, bermanfaat buat yg baru tau ubuntu

Anonim mengatakan...

mas,klo install printer hp laser jet P1102 diubuntu gimana yaa..

trim's

Belajar Yuk.. mengatakan...

klo menghapus Office 2010 gimana, soalnya office 2010 nya trial niih,thank yoou

Anonim mengatakan...

ilmu baru buat ane , makasih gan

Wahyu Alam mengatakan...

keren mas bro,
apalagi dilengkapi dengan gambarnya. jadi lebih menarik

Khiky Radinka Speranza Zhishu mengatakan...

Hmmmmm..... Bagaimana kalau untuk menghapus software windows yang telah diinstal lewat crossover atau wine.... Thanks kapan2 di posting

Andi Sholihin mengatakan...

kalo itu sepertinya gini : Application -> Wine -> Uninstall Program, nah cari deh program yg terinstall di Wine.

anggaadhipramana.blogspot.com mengatakan...

terima kasih informasinyaa,, ane masih newbie

Anonim mengatakan...

terima kasih infonya,sangat membantu

Anonim mengatakan...

yang pakai software ada gk gan?

Anonim mengatakan...

sangat membantu ^_^
syukron

Anonim mengatakan...

thanks infonya bro

sawarna mengatakan...

ini dia yang di cari - cari

Artikannesia mengatakan...

Makasin banyak gan..
sangat membantu saya nih artikelnya..
Maklum masih newbie juga di linux

fazari abdillah mengatakan...

gan, mau nanya...
ane udah uninstall pake terminal, di terminal nya udah ok
tapi ternyata programnya masih ada

klu di liat di ubuntu software center, program nya g kbaca
gmn cara biar bner2 di delete?

Andi Sholihin mengatakan...

kalo di ubuntu software center masih ada tanda centang warna ijo langsung klik aja tombol remove di sampingnya om. kalo gak ada tanda centang berarti udah terhapus.

Firas Anom Ramadhan mengatakan...

hahaha semakin banyak masalah semakin bisa berubuntu ria :D
thanks infonya gan, tambah ilmu gan Alhamdulillah

Abiakhmad mengatakan...

mas, saya udah coba dua duanya tetep ga bisa, sepertinya ada masalah administrator.
di suruh pake apt-get -f install juga ga bisa.

Anonim mengatakan...

makasih but Ilmunya,Gan

Idfery mengatakan...

Terima Kasih Infonya gan..

Yusuf Dwi Putra mengatakan...

Gan kenapa ya ane tidak bisa menghapus Grub Customizer?
Keluar keterangan seperti ini
E: Unable to locate package Grub
E: Unable to locate package Customizer
padahal ane sudah menggunakan Super User.
Terima kasih.

Andi Sholihin mengatakan...

udah pake sudo nautilus?

Retrovit ID mengatakan...

makasih ifnonya, salam kenal dari saya..
thank you :)

Poskan Komentar

Silakan berkomentar di blog ini, komentar Anda menjadi alasan kenapa saya harus menulis ^_^

 
© Copyright .::Berbagi Cerita::. 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all
[tutup]