Download Web CMS Sederhana Berbasis PHP dan MySQL

Kali ini saya ingin share website yang pernah saya buat untuk tugas KP (Kerja Praktek) saya waktu kuliah dulu. Web ini dibangun dengan PHP dan MySQL tanpa framework, karena waktu itu belum tau cara menggunakan framework PHP.

Tampilan Web CMS ini masih menggunakan template CSS karena saya belum kenal dengan Twitter Bootstrap. Contoh web sederhana ini saya rasa cocok untuk teman-teman yang masih pemula dan ingin tau cara bikin website CMS sendiri. Berikut ini adalah screenshot web CMS sederhana ini:

Halaman Depan :
Halaman Depan

Form Hubungi Kami


Tampilan Saat Mode "Maintenance" di "Pengaturan" Diaktifkan :
Tampilan Maintenance


Tampilan Login Administrator :
Login Administrator


Tampilan Halaman administrator :

Halaman Dashboard

Tambah Konten

Pengaturan Website

Demo website URL :
http://demo.asanoer.com/sholihin.com/simple-cms/


Demo admin URL :
http://demo.asanoer.com/sholihin.com/simple-cms/myadmin/


Link downloadnya :
https://github.com/andi-sholihin/simpleweb

Panduannya dan link downloadnya ada di bagian bawah, dari tombol "Download Zip" di pojok atas juga bisa. Buat yang mau otak-atik juga silahkan. Jangan lupa di "Star" ya teman-teman. Seperti biasa saya tunggu kritik dan sarannya. Salam Blogger Madura

BAGIKAN KE:

67 komentar:

  1. Fatal error: Call to undefined function mysql_connect() in C:\xampp\htdocs\cms\set\database.php on line 16 kok gitu ya mas '-'

    BalasHapus
  2. di php versi terbaru fungsi mysql_* udah dihapus, pake xampp versi lama aja kayak 1.6.8 atau 1.7.3

    BalasHapus
    Balasan

    1. Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\database.php:16 Stack trace: #0 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\global.php(2): require_once() #1 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\setting.php(2): require_once('D:\\instalasi\\Xa...') #2 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\index.php(2): include('D:\\instalasi\\Xa...') #3 {main} thrown in D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\database.php on line 16



      gan knpa yah?

      Hapus
    2. versi xampp-nya ganti ke versi lama. program ini dibuat pake xampp versi lama

      Hapus
    3. Ijin Download gan.... dan maaf klo bolehjuga saya mau tanya, agan bilang fngsi mysql_connect dah di hapus ? digantinya pake apa ya cara koneksinya ?
      terima kasih agan...

      Hapus
  3. For setup MySQL connection, Open file database.php in set folder
    Ini gimna yah maksudnya

    BalasHapus
  4. Mohon pencerahannya Gan, baru belajar

    BalasHapus
  5. Object not found!

    The requested URL was not found on this server. If you entered the URL manually please check your spelling and try again.

    If you think this is a server error, please contact the webmaster.

    Error 404

    localhost
    Apache/2.4.17 (Win32) OpenSSL/1.0.2d PHP/5.6.15

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan Adzit Yth,,
      Maap, ini pasti karena salah URL, silahkan dicek lagi..

      ThanksU..
      asanoer

      Hapus
    2. maaf, kalau error seperti itu cara benerinnya gimana ya?

      Hapus
  6. Hehehe,,,
    keren Gan, masih banyak yang tersembunyi dari Gan Sholihin...
    Maap telat 17 hari nih dari tgl share,,,, apa kabar neeh>?

    Btw, boleh gak nih saya demokan? Kalau boleh saya siap masukkan seperti biasanya... Maap sekarang ijin dulu sebelum out...

    Terima kasih aGan,,
    Keep on ICPC.

    BalasHapus
  7. Untuk Login Myadmin: Username dan Password apa ?

    BalasHapus
  8. Okeh.. Makasih udah bisa. Moga bermanfaat ilmunya.

    BalasHapus
  9. wah post yang keren gan ijin download ya mau belajar

    BalasHapus
  10. kalo mau ganti user sama passnya gimana ya bang? kalo mau edit menu dan artikelnya juga gimana ya bang? maaf newbie syekali nihh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Open http://localhost/simpleweb/myadmin for admin page

      Hapus
  11. Gagal Import DB Gan, mhn pencerahannya.
    SQL query:

    /*!40101 SET NAMES utf8mb4 */;

    MySQL said: Documentation
    #1115 - Unknown character set: 'utf8mb4'

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah servernya gak support ya, coba buka file .sql-nya terus bagian utf8mb4 ganti utf8 aja, kalo masih ga bisa coba hapus aja satu baris yg error itu.

      Hapus
  12. Balasan
    1. Silahkan Gan Setia,,
      Aplikasinya gratis dari Kang Andi..

      Ohya Kang aGan Andi, ijin nitip pamer artikel baru saya, yaitu cara membuat batasan LINK download dengan php. Silahkan jika tertarik, ...

      http://www.asanoer.com/artikel/asanoer-com-membuat-batas-waktu-link-download-dengan-php.html

      Terima kasih banyak Kang aGan Andi,

      asanoer.com

      Hapus
  13. mas andi lu keren banget mas ngasih tutorial nya keren

    BalasHapus
  14. Makasi Mas Sholihin.. izin menggunakan, saya baru belajar membuat website.. :)

    BalasHapus
  15. Pas bikin konten, kog gambarnya gak nampil gan, mohon pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan RendyKo, Yth,,

      Gambar yg mana Gan?

      Hapus
    2. Pas bikin artikel gmna cranya biar bisa upload foto juga gan kehalalannya, udah ane acak acak gak bisa 😂 . Kasih arahan , maklum newbie

      Hapus
    3. #kehalalan itu bukan ane yg nulis gan text otomatis 😂

      Hapus
    4. #kehalalan itu bukan ane yg nulis gan text otomatis 😂

      Hapus
    5. Pas bikin artikel gmna cranya biar bisa upload foto juga gan kehalalannya, udah ane acak acak gak bisa 😂 . Kasih arahan , maklum newbie

      Hapus
    6. untuk upload gambar memang belum ada, jadi ya pake url aja gan kalo mau nyisipin gambar

      Hapus
  16. Terima kasih , mas Solihin sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. pas bikin konten gambarnya g tampilkan. gambarnya di save di url apa gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambarnya upload manual gan, lalu url gambarnya taruh di konten. fitur uploadnya belum ada gan.

      Hapus
  18. Terimakasih banyak, bung! that's great:)

    BalasHapus
  19. bang andi ko .sql nya gak ada y
    itu yg mana .sqlnya thnl

    BalasHapus
  20. cara masuk halaman admin gimana gan

    BalasHapus
  21. Kok nggak ada kolom komentarnya ya.....?

    BalasHapus
  22. boleh inga ka Andy.........kasi Id facebook..nanti saya konfirmasinya.
    ada buissines kesil about sistem informasi databases....nanti saya kabarin kaka ya

    by : gio dary timor-leste
    idfacebook : gio soares.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini facebook saya https://www.facebook.com/andisholihins

      Hapus
  23. pertanyaan saya sm dgn -->> komentar ADZIT PERO15 MARET 2016 19.50.00 WIB
    For setup MySQL connection, Open file database.php in set folder
    Ini gimna yah maksudnya

    solusi nya gmn ya cara setingnya gan

    BalasHapus
  24. di folder "set" ada file "database.php", sesuaikan dengan pengaturan di xampp agan

    BalasHapus
  25. Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\database.php:16 Stack trace: #0 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\global.php(2): require_once() #1 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\setting.php(2): require_once('D:\\instalasi\\Xa...') #2 D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\index.php(2): include('D:\\instalasi\\Xa...') #3 {main} thrown in D:\instalasi\Xampp\htdocs\simpleweb-master\set\database.php on line 16

    knpa yh gan?

    BalasHapus
  26. mantab nih, ningglin jejal dulu sambil donload

    Makasih

    BalasHapus
  27. Error! tidak dapat terhubung ke Database!
    (cannot connect to Database!).

    kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di folder "set" ada file "database.php", sesuaikan dengan pengaturan di xampp agan

      Hapus
    2. Gan Andi, izin download ya sekalian dioprek oprek kaga nagapa kan? hehe
      Untuk sharing sharing minta alamat emailnya dong gan?

      Hapus
  28. bang gak bisa upload gambar memakai tinymce, saya sudah coba di adminnya muncul tapi di contennya enggak

    BalasHapus
  29. Gan, maaf nih sebelumnya ada yang mau ane tanyain.
    Setelah ane mempelajari Artikel yang "SIRSAK" disana ane ada yang kaga paham gan di bagian input kelas.
    Sekiranya ada kontak HP bisa ga agan cantumkan disini, biar ane tlpn langsung.
    makasih gan ! Sukses Terusss.
    atau mail ke boys.summer17@gmail.com

    BalasHapus
  30. kk saya mau tanya untuk diganti templatenya bagaimana caranya ya ?

    BalasHapus
  31. Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in /storage/ssd5/558/2008558/public_html/set/database.php:16 Stack trace: #0 /storage/ssd5/558/2008558/public_html/set/global.php(2): require_once() #1 /storage/ssd5/558/2008558/public_html/set/setting.php(2): require_once('/storage/ssd5/5...') #2 /storage/ssd5/558/2008558/public_html/index.php(2): include('/storage/ssd5/5...') #3 {main} thrown in /storage/ssd5/558/2008558/public_html/set/database.php on line 16 kenapa

    BalasHapus
  32. ijin download min.
    boleh gak ini saya modifikasi saya sesuaikan untuk web sekolah saya .

    BalasHapus
  33. Kenapa gagal login ya mas?
    saya menggunakan xampp. terus settingan sudah sama di menu set databasenya.

    BalasHapus
  34. Mas Andi semoga Share iLmunya bermanfaat.. pahala yang memakai ini, pasti akan mengalir..
    Do'a kami buat Anda...

    BalasHapus
  35. Mantab gan CMS nya simpel, cepat, padat

    BalasHapus