Cara Membuat File PDF dengan OpenOffice.Org Writer


Pernahkah kamu merasa  kebingungan ketika ada tugas atau dokumen yang harus diubah menjadi format *.pdf?  Yach kurang lebih seperti itulah yang pernah saya alami ketika suatu ketika ada tugas yang harus dikumpulkan dalam bentuk PDF, wah bingungnya bukan main. Namun untungnya waktu itu ada teman yg berbaik hati mau mengajari caranya membuat file MS Word yang berekstensi *.doc menjadi file PDF dengan menggunakan OpenOffice.Org Writer.
          Nah, kali ini saya ingin berbagi tutorialnya. Penasaran? Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Pertama buka Program OpenOffice.Org Writer
2. Lalu buka file yang akan dijadiin file PDF dengan cara klik menu File → Open (Ctrl+O) dan cari filenya
3. Setelah filenya terbuka langkah selanjutnya adalah klik menu File → Export as PDF, atau  kamu bisa langsung klik ikon PDF pada toolbar. setelah itu akan muncul kotak dialog “PDF Option”
4. Biar cepet selesai bikin file PDFnya, klik aja langsung tombol Export di bagian bawah kotak dialog tersebut.
5. Setelah itu tinggal dikasih Nama dan di Save seperti menyimpan file dokumen biasa.
6. File PDF kamu sudah jadi, gimana? Mudah bukan? Ajari temen kamu yang pengen tau caranya   bikin file PDF biar semakin banyak yang tau. Oke?!
Sekian dulu tutorial yang sederhana ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Oh iya, Saya tunggu kritik dan sarannya...

BAGIKAN KE:

1 komentar: