Memberi Page Number (Nomor Halaman) Pada LibreOffice atau OpenOffice

Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana sich caranya menyisipkan atau memberi nomor halaman kalau kita bekerja menggunakan OpenOffice.Org Writer. Waktu Saya pertama kali menggunakan OpenOffice untuk mengetik makalah, Saya sempat kebingungan untuk memasukkan nomor halaman. yach mungkin belum terbiasa aja kali yach??

Nah, setelah saya otak-atik sekian lama akhirnya saya temukan caranya menyisipkan page number dan ternyata caranya ga' rumit-rumit amat. Pasti Pembaca penasaran kan gimana caranya? Oke dech langsung aja kita liat tutorialnya..

Pertama buka dulu dokumen yang akan diberi nomor halaman dengan menggunakan OpenOffice Writer , misalnya sepert ini:



    1. Nah setelah itu kalau kita ingin menyisipkan nomor halaman, terlebih dahulu kita harus memberi header atau footer, tapi biasanya saya memakai footer untuk penomoran halaman dengan cara klik menu insert (alt+i) lalu pilih footer -> default. seperti gambar dibawah ini :


  1. Setelah itu baru kita bisa menyisipkan nomor halamannya dengan cara klik menu insert lalu pilih fields -> page number
  2. Setelah itu atur posisi nomor halaman sesuai keinginan kita dengan cara klik pada salah satu jenis perataan yang ada pada toolbar atau bisa mengunakan Ctrl+L (rata kiri), Ctrl+E (rata tengah), atau Ctrl+R (rata kanan).
  3. Akhirnya jadi dech Penomoran halamannya. mudah kan?!
Sekian dulu tutorial kali ini, mohon saran dan da kritiknya yach....

BAGIKAN KE:

14 komentar:

  1. oke makasih ya atas sarannya :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak, ini sangat berguna sekali

    BalasHapus
  3. bisa sih, tp mesti satu2 ya...
    ga bs otomatis smua k nomorin gt...hehe

    BalasHapus
  4. mantaaaap thanks ilmunya
    intercelluler@gmail.com

    BalasHapus
  5. syukron, terima kasih banyak.
    ilmu yang sangat bermanfaat...saya sempat bingung, frustasi, yang akhirnya memberikan page number secara manual perhalaman huhuhu....
    ternyata setelah baca2 disini, saya jadi tahu dan bisa, sekali lagi terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  6. caranya gimana biar nggk jadi angka yang sama semua (klo 1 . . . jadi 1 semua?)., biar bisa berurutan 1, 2, 3, 4, dst . . . makasih., :)

    BalasHapus
  7. nmor ganjil otomatis, tp genap ga. hbs tu brubhah lg yg genap? kepriben kyeh?

    BalasHapus
  8. terima kasih bos, hal kecil begini bikin pusing jg klu blm tahu. :)

    BalasHapus
  9. No Thanks... kurang bro...
    saya butuh cover, kata pengantar, bab 1 dan seterusnya berbeda format halaman...
    kok kalian pada puas yaa?

    BalasHapus