Membuat Persegi Warna-Warni dengan OpenGL dan Dev C++
Cerita begini, dosen kuliah komputer grafik memberi tugas pertama dengan ketentuan membuat gambar 2 dimensi (2D) dengan OpenGL, terserah bahasa program apa saja. kebetulan di komputer saya telah terinstal Dev C++, nah tinggal nambahi library OpenGl dech. untuk cara menginstal OpenGL di Dev C++, silakan ikuti Tutorial Instalasi OpenGL di Dev C++.
nah, kalo di Dev C++ sudah terinstal OpenGL silakan mencoba tutorial berikut.
nah, kalo di Dev C++ sudah terinstal OpenGL silakan mencoba tutorial berikut.
- Klik File --> New --> Project
- Tuliskan nama project lalu pilih Empty Project setelah itu Save project Anda
- Klik Kanan pada project Anda lalu pilih New File
- Nah, Saatnya koding. masukkan kode berikut ini:
#include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <gl/glut.h> using namespace std; void tampil(){ glClearColor (1.0,1.0,1.0,1.0); //warna dasar putih glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);//warna kuning glBegin(GL_POLYGON); //persegi kuning glVertex2f(0,0.5); glVertex2f(0.5,0); glVertex2f(0,-0.5); glVertex2f(-0.5,0); glEnd (); glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); //warna biru glBegin(GL_POLYGON); // persegi biru glVertex2f(-0.5,1); glVertex2f(-1,0.5); glVertex2f(-0.5,0); glVertex2f(0,0.5); glEnd (); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); //warna merah glBegin(GL_POLYGON); //persegi merah glVertex2f(0.5,1); glVertex2f(0,0.5); glVertex2f(0.5,0); glVertex2f(1,0.5); glEnd (); glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); //warna hijau glBegin(GL_POLYGON); //persegi hijau glVertex2f(-0.5,0); glVertex2f(-1,-0.5); glVertex2f(-0.5,-1); glVertex2f(0,-0.5); glEnd (); glColor3f (1.0, 0.0, 1.0); //warna ungu glBegin(GL_POLYGON); //persegi ungu glVertex2f(0.5,0); glVertex2f(0,-0.5); glVertex2f(0.5,-1); glVertex2f(1,-0.5); glEnd (); glFlush(); } int main(int argc, char *argv[]) { printf("Saat ini sedang ditampilkan Kotak Berwarna by Andi Sholihin (09.04.111.00011)"); glutCreateWindow("Kotak Berwarna by Andi Sholihin"); glutDisplayFunc(tampil); glutMainLoop(); system("PAUSE"); return EXIT_SUCCESS; }
- Sebelum di Compile, terlebih dahulu klik menu Project --> Project Options (Alt+P)
- Klik Tab Parameter dan masukkan kode berikut ini agar proses compile berjalan lancar.
-lglut32 -lglu32 -lopengl32 -lwinmm -lgdi32
perhatikan gambar berikut ini. - Setelah itu, klik Menu Execute --> Compile and Run, simpan file terlebih dahulu.
- Hasilnya seperti berikut ini.
Makasih buat mbak Vika (http://vikachew09.blogspot.com/2011/09/program-sederhana-opengl-dan-dev-cpp.html)
BalasHapusgan, mau tanya.
BalasHapuskenapa kok kita mesti masukan linker -lglut32 -lglu32 -lopengl32 -lwinmm -lgdi32 dulu sebelum mengeksecute???
agar berjalan lancar dan tidak error :D
BalasHapusgak tau juga kenapa, saya juga ngikuti tutorial yg lain :D
kenapa eror di bagian #include ?
Hapussudah diikuti langkah2 diatas belum? errornya apa?
Hapussudah dicoba, tp eror ga bisa di compile, knp ya? keluar windows g++.exe has stopped working
BalasHapusmungkin karena versi windowsnya tidak cocok, sudah dicoba di windows XP atau windows 7 mbak?
Hapuskok ga bisa masih eror kenapa ya ?
BalasHapusgan ko setap saya bikin project baru selalu muncul project is not compiled
BalasHapuspada hal sudah saya compiled
gan saya ko gagal disin error #include
BalasHapusgmana solusinya
ERROR bagan gl/glut.h gmn ya solusinya?
BalasHapus